Ads

Mengapa Kentut Bau??

Mengapa Kentut Bisa Menimbulkan Bau??

Kentut bisa menyebabkan fitnah dan keributan antar sesama manusia. Kentut juga dapat menimbulkan kegelisahan antar manusia kalau tidak ketauan siapa yang menjadi sumber kentutnya. Sebegitu misteri kah kentut itu?? Tapi saya tidak akan ngomongin misteri tentang kentut. Kali ini saya akan membahas artikel sederhana tentang mengapa kentut bau??

Kalian pasti pernah kan ngalamin yang namanya kentut? Biasanya berbeda-beda, ada kentut yang bau, bau sekali, atau tidak menimbulkan bau sama sekali. Nah berikut akan dijelaskan mengapa kentut bisa menimbulkan bau. Biasakan membaca sampai tuntas ya guys!

Jadi gini, di dalam usus kita ada campuran gas-gas yang biasanya terdiri dari oksigen, nitrogen, karbondioksida, hidrogen dan metana. Darimana gas-gas tersebut berasal?? Gas-gas tersebut dihasilkan selama proses pencernaan makanan di dalam usus. Gas-gas ini berasal dari udara yang ikut masuk melalui mulut ketika kita makan.

Secara umum, gas-gas ini dikeluarkan dari tubuh melalui mulut dan melalui rektum. Ketika gas keluar dari mulut, dinamakan SENDAWA atau bahasa Sundanya 'TEURAB'. Sedangkan jika gas dikeluarkan dari rektum, disebut FLATUS. Lazim disebut juga BUANG ANGIN, atau bahasa gaulnya disebut juga KENTUT. 

Lalu, mengapa kentut bisa menimbulkan bau busuk? Bahkan lebih busuk dari teman yang suka nusuk dari belakang. Eaaaa.. Yuk kita lanjut baca artikelnya. 😊

Kentut yang bau, biasanya dihasilkan dari fermentasi bahan makanan atau sampah di dalam usus besar. Fermentasi tersebut menghasilkan gas sulfur yang mengakibatkan bau busuk pada kentut. 

Biasanya makanan dengan serat yang tinggi dan karbohidrat kompleks, seperti polisakarida, tidak bisa sepenuhnya dicerna oleh enzim perut. Para bakteri di dalam usus berkesempatan mencerna makanan ini dan menghasilkan gas sewaktu masih dalam proses. Inilah sebabnya makanan seperti kacang-kacangan, kembang kol dan produk gandum menyebabkan bau busuk pada kentut.

Baca juga artikel menarik lainnya : Berapa Jumlah Tulang di Dalam Tubuh Manusia?

Eit, tidak hanya itu saja loh, kentut bau juga bisa disebabkan karena kondisi lainnya, misalkan sembelit, penyakit radang usus, ulcerative colitis, diverticulitis dan sindrom iritasi usus besar. Terlalu sering mengonsumsi obat pencahar serta asupan obat-obatan tertentu, seperti antibiotik juga dapat menyebabkan masalah ini.

Demikian artikel kali ini tentang mengapa kentut bau??. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.
SHARE

Author

Terima kasih sudah berkunjung ke blog TanyaKenapa. Semoga apa yang sudah Admin share di sini, bisa memberikan manfaat untuk kita semua, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan lebih baik lagi. Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar yang baik tanpa menitipkan link!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. aku geli kalo ngomongin kentut, btw, aku suka makan kacang juga lho, waduuhhhh, hihiihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan diomongin, tapi diraba, diterawang, dilihat

      Delete