BLANTERVIO103

Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim?

Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim?
Saturday, 5 January 2019
Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim? - Kumpulan Artikel Pengetahuan Umum
Kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya merasa bangga dengan negara Indonesia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau yang menjadi bagian dari wilayah Nusantara. Bahkan luasnya mencapai kurang lebih 5.193.25km² yang mencakup daratan dan lautan. Dengan demikian, Indonesia menempati posisi ke-7 sebagai negara terluas di dunia, setelah Rusia, Kanada, Amerika Serikat, China, Brasil dan Australia. 



Tapi kalau dibandingkan dengan luas negara-negara di Asia, Indonesia menempati posisi ke-2. Dan kalau dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi sebagai negara terluas di Asia Tenggara.

Tapi pertanyaannya adalah, mengapa Indonesia disebut juga negara maritim? Yuk kita cari tau jawabannya di sini.

Kata maritim sendiri menurut KBBI adalah segala hal yang berkenaan dengan laut, berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut. Pokoknya segala hal atau aktivitas yang masih ada hubungan dengan laut

Subjek sejarah maritim menyeluruh meliputi memancing, perburuan paus, hukum maritim internasional, sejarah angkatan laut, sejarah perkapalan, desain kapal, sejarah navigasi eksplorasi laut, perdagangan dan ekonomi maritim, sejarah sosial para pelaut dan komunitas yang berkaitan dengan laut. (Wikipedia)

Selain sebagai salah satu negara terluas di dunia, Indonesia juga menempati posisi sebagai negara kepulauan terluas di dunia, di mana satu pertiga luas Indonesia adalah daratan dan dua pertiganya merupakan lautan.

Itulah sebabnya mengapa Indonesia disebut juga negara Maritim.

Referensi : 
https://oranglembata.com/page/content/181/mengapa-indonesia-disebut-sebagai-negara-maritim
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

7621011459891230203