Ads

Mengapa Penguin Gak Bisa Terbang?

Mengapa Penguin Gak Bisa Terbang?

Seperti kita ketahui, yang namanya burung itu punya sayap, lalu burung tersebut menggunakan sayapnya untuk bisa terbang bebas di udara. Lantas mengapa penguin gak bisa terbang, sedangkan penguin termasuk ke dalam spesies unggas (burung), yang sama-sama memiliki sayap. Pernah gak sih kalian bertanya-tanya mengenai hal ini? Nah bagi yang penasaran, simak terus ulasannya ya guys!


Setelah melalui penelitian yang panjang, akhirnya para ilmuwan berkesimpulan telah menemukan penyebab mengapa penguin gak bisa terbang

Penguin itu punya banyak kemampuan yang membuatnya bisa bertahan di dalam air. Misalnya nih guys, sayap penguin yang padat, memudahkan mereka untuk mahir berenang. Selain itu, tubuhnya yang gemuk membuatnya tetap tahan terhadap hawa dingin dan mereka mampu untuk menyelam sangat dalam.

Gak kayak burung laut pada umumnya yang bisa berenang dalam air dengan menggunakan kakinya yang berselaput, penguin justru menggunakan sayapnya untuk mendorong dirinya jauh ke dalam air. Penguin besar bahkan bisa berenang lebih dalam dari 450 meter dalam 20 menit dengan satu tarikan napas.

Tapi, sayapnya yang padat gak membuat penguin mudah keluar dari air. Para peneliti percaya, bahwa kelebihan penguin yang pandai menyelam membuatnya sulit untuk terbang, seperti burung pada umumnya.

Para peneliti mengamati penguin di Northern Hemisphere yang masih menggunakan sayap untuk menyelam dan terbang, mirip seperti burung laut. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang energi yang dibutuhkan oleh penguin.

Para peneliti melakukan penelitian di Canadian Arctic. Dengan menggunakan pelacak lokasi, mereka mencari penguin untuk mengukur energi yang penguin keluarkan dengan suntikan dan isotop pelacak yang merupakan elemen variasi dengan jumlah neutron berbeda.

Para peneliti mengambil kesimpulan bahwa energi yang dibutuhkan oleh penguin untuk terbang lebih besar dibanding energi yang dibutuhkan oleh burung lainnya.

Studi tentang penguin ini menyempurnakan hipotesis bahwa burung gak bisa berenang dan menyelam dengan baik. Sedangkan bagi penguin punya dua kelebihan, yakni bisa berenang dan juga menyelam. Seorang ornitolog dari University of Missouri, St. Louis, Mr. Robert Ricklefs, mengatakan bahwa penguin memiliki ukuran sayap yang kurang besar, sehingga penguin gak bisa terbang. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Gimana guys, sudah jelas kan penjelasan diatas mengapa penguin gak bisa terbang seperti burung-burung lainnya. Hal ini terletak pada kemampuan sayap si penguin yang gak kayak burung-burung lainnya loh, itulah sebabnya penguin gak bisa terbang, tapi mereka malah jago berenang dan menyelam.

Referensi : https://tekno.tempo.co/read/482760/ini-penyebab-penguin-tak-bisa-terbang
SHARE

Author

Terima kasih sudah berkunjung ke blog TanyaKenapa. Semoga apa yang sudah Admin share di sini, bisa memberikan manfaat untuk kita semua, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan lebih baik lagi. Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar yang baik tanpa menitipkan link!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment