Ads

Mengapa Pohon Jati Mengugurkan Daunnya Saat Musim Kemarau

Mengapa Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Saat Musim Kemarau

Kali ini admin ingin membahas artikel tentang daun-daun yang berguguran dari pohon jati. Kalau kalian perhatikan, daun yang berjatuhan dari pohon jati ini akan lebih sering terjadi terutama di saat musim kemarau. Mengapa bisa demikian? Yuk kita cari tau jawabannya di artikel berikut ya guys. So, baca sampai tuntas boleh sambil nyeruput kopi loh, hehehe...



Taukah kalian, jika musim kemarau tiba, maka kadar air di dalam tanah akan semakin berkurang loh guys. Nah agar tumbuhan tetap dapat bertahan hidup, maka tumbuhan harus mampu beradaptasi dengan musim kemarau, karena pasokan air untuk tumbuhan akan berkurang. Oleh karena air di tanah banyak berkurang, banyak tumbuhan yang mati karena tidak mampu untuk beradaptasi.

Baca juga artikel :
Mengapa Langit Berwarna Biru?
Mengapa Penguin Gak Bisa Terbang

Tapi gak semua tumbuhan itu mati saat musim kemarau tiba. Soalnya ada loh tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan pada saat musim kemarau, yakni pohon jati. Saat musim kemarau, pohon jati akan menggugurkan daun-daunnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi penguapan yang berlebihan. 

Jadi gini loh guys, penguapan tersebut terjadi di bagian daunnya, sehingga daun pada pohon jati perlu digugurkan. Terus kalau gak digugurkan, apa yang akan terjadi? Kalau daunnya gak digugurkan, maka pohon jati bisa mati, yang disebabkan karena penguapan terus terjadi, sedangkan pasokan air di dalam tanah semakin berkurang.

Hampir semua daun pada pohon jati saat musim kemarau akan rontok atau berjatuhan. Sebenarnya sih bukan hanya pada pohon jati saja. Ada juga tanaman lainnya yang akan menggugurkan daunnya selain pohon jati, contohnya adalah pohon mahoni, pohon petai, pohon akasia dan pohon albasiar.

Semua pohon tersebut akan menggugurkan daun-daunnya yang juga bertujuan untuk membantu mengurangi penguapan air. Cadangan air pada pohon tersebut disimpan di dalam akar yang akan bertahan sampai pada akhir musim kemarau. Kalau cadangan air gak habis, ya biasanya pohon mahoni atau pohon akasia akan mati.

Nah sekarang kalian sudah paham kan, mengapa pohon jati menggugurkan daunnya saat musim kemarau tiba. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan kita semuanya ya guys.

Referensi : http://www.pakmono.com/2016/11/tujuan-pohon-jati-menggugurkan-daunnya-saat-musim-kemarau.html
SHARE

Author

Terima kasih sudah berkunjung ke blog TanyaKenapa. Semoga apa yang sudah Admin share di sini, bisa memberikan manfaat untuk kita semua, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan lebih baik lagi. Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar yang baik tanpa menitipkan link!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment