Ads

Inilah Alasan Kenapa Kita Bisa Cegukan dan Beberapa Faktor Pemicunya

Kenapa Bisa Terjadi Cegukan

Kalian pasti pernah dong mengalami yang namanya cegukan bukan? Mungkin rasanya akan sedikit mengganggu, apalagi jika kalian sedang dalam kondisi yang bisa dibilang penting, misalnya ketika sedang presentasi atau sidang skripsi. Mana sudah susah-susah menyusun skripsi, eh pas lagi serius sidang, cegukan malah menyerang. Meski begitu, cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. 

Nah melalui artikel ini, Admin ingin sharing alasan kenapa kita bisa cegukan. Cegukan terjadi ketika diafragma mulai kejang tanpa disadari. Diafragma adalah otot besar yang membantu kita bernapas. Ketika kejang, kita tiba-tiba menarik napas dan pita suara kita akan menutup, sehingga menyebabkan suara berbeda.

Faktanya, dalam kebanyakan kasus, cegukan biasanya datang dan hilang dengan cepat. Yah mirip-mirip mantan gitu deh. *eh... 

Mungkin kalian penasaran, kenapa sih kita bisa cegukan. Berikut beberapa daftar penyebab mengapa cegukan bisa terjadi :

1. Makan terlalu banyak atau terlalu cepat
Ini juga penting guys, makan berlebihan bisa menyebabkan perut cepat membesar, sehingga akan mendorong diafragma untuk berkontraksi. Oleh karena itu biasanya akan muncul suara 'hik' saat cegukan. Makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan reaksi yang sama, sehingga bisa menyebabkan munculnya cegukan setelah makan. Demikian seperti dikutip dari bobo.grid.id. Baca juga : Kenapa Kita Bisa Mengantuk Setelah Makan

2. Terlalu sering mengonsumsi minuman berkarbonasi
Menurut Wikipedia, minuman berkarbonasi adalah minuman yang gak mengandung alkohol yang mengalami proses karbonasi. Karbonasi terjadi ketika gas CO2 terlarut secara sempurna dalam air. Proses ini akan menghasilkan sensasi karbonasi "Fizz" pada air berkarbonasi dan sparkling mineral water. Hal tersebut diikuti dengan reaksi keluarnya buih (floaming) pada minuman soda yang gak lain adalah proses pelepasan kandungan CO2 terlarut dalam air.

3. Makanan pedas
Seperti dikutip dari Kompasdotcom, cegukan setelah mengonsumsi makanan pedas adalah fenomena normal. Hal ini disebabkan oleh salah satu kandungan pada cabai, yaitu capsaicin. Nah saat capsaicin ini masuk ke dalam tubuh, otot diafragma akan berkontraksi atau spasme. Akibatnya aliran udara ke batang tenggorokan menjadi terhambat. Proses inilah yang membuat kita jadi cegukan saat makan pedas.

4. Sedang stress atau terlalu semangat
Pada beberapa kasus, rasa stress, kecemasan dan kegembiraan telah dikaitkan dengan beberapa kassus cegukan jangka pendek dan jangka panjang.

5. Mengonsumsi minuman beralkohol
Selain minuman berkarbonasi, minuman beralkohol juga bisa menyebabkan cegukan. Seperti dikutip dari viva.co.id, hal ini terjadi karena saraf vagus dan kerongkongan yang teriritasi atau tertekan. Saraf vagus merupakan salah satu saraf yang berfungsi sebagai pengirim sinyal ke seluruh tubuh dan kembali mengirimkannya ke otak. Saraf vagus bertugas mengatur detak jantung, bicara, keringat, tekanan darah, proses pencernaan, produksi glukosa dan pernapasan.

Cegukan biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Tapi kalau cegukan gak kunjung membaik dan berlangsung selama 48 jam atau lebih, harus segera dicari penyebabnya dengan mengunjungi dokter.

Baca juga artikel keren lainnya :

Nah demikian artikel tentang kenapa kita bisa cegukan kenapa kita bisa cegukan yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan.
SHARE

Author

Terima kasih sudah berkunjung ke blog TanyaKenapa. Semoga apa yang sudah Admin share di sini, bisa memberikan manfaat untuk kita semua, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan lebih baik lagi. Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar yang baik tanpa menitipkan link!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a comment