Ads

Jangan Salah Sebut Lagi, Inilah Perbedaan Mentega dan Margarin


Di artikel kali ini, Admin mau share seputar perbedaan mentega dan margarin. Admin percaya masih banyak yang mengira kalau mentega dan margarin itu sama. Nah di sini akan dijelasin beberapa perbedaan tersebut. Sehingga nantinya kita bisa tau perbedaannya dan gak keliru lagi, sekaligus bisa juga mengedukasi kepada teman-teman atau keluarga lainnya.


Beberapa perbedaan tersebut terletak dari komposisi hingga tekstur. Keduanya pun punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing sebagai salah satu bahan dasar pembuat kue dan juga teman menikmati setungkup roti.

Baca juga artikel : Kenapa Pare Rasanya Pahit??

Yuk mari kita cari tau apa saja perbedaan antara mentega dan margarin :

1. Bahan Dasar yang Digunakan
Mentega atau butter biasanya dibuat dari krim susu atau lemak hewani. Kebanyakan mentega yang kita jumpai terbuat dari bahan susu sapi, susu domba, kambing atau kerbau. Sementara margarin terbuat dari lemak nabati (tumbuhan).

2. Lemak Jenuh Mentega Lebih Tinggi
Perbedaan berikutnya terletak pada kandungan lemak jenuh, yang mana kandungan kolesterol dan lemak jenuh margarin hanya 5 gram, jauh di bawah kandungan mentega yang memiliki kandungan lemak jenuh sebanyak 8 gram.

3. Mentega Lebih Harum
Aroma margarin biasanya saja, dibanding dengan mentega yang memiliki aroma khas yang jauh lebih harum, karena terbuat dari susu.

4. Tekstur
Tekstur mentega lebih lembek dibanding margarin. Maka mentega biasanya digunakan untuk membuat kue kering, karena kandungan air yang cukup tinggi. Mentega juga mudah meleleh pada suhu di bawah 30 derajat celcius. Nah biasanya mentega sebaiknya jangan terlalu lama di luar kulkas. Sementara margarin memiliki tekstur yang lebih padat dan sering digunakan untuk kue basah atau kue bolu. Margarin juga cenderung lebih stabil dalam suhu ruangan.

5. Bahan Olahan Makanan
Mentega dan margarin memang sama-sama bisa digunakan sebagai bahan campuran kue. Tapi kalau mau bikin kue, mentega jauh lebih cocok, karena tekstur dan aromanya yang khas sehingga cocok sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis kue dan juga alas selai roti. Sementara margarin lebih sering digunakan untuk menumis atau menggoreng, sebagai pengganti minyak goreng.

6. Kandungan Air
Jumlah kandungan air antara mentega dan margarin juga berbeda. Kalau mentega kandungan airnya sebanyak 20 persen, makanya mentega lebih mudah mencair. Berbeda dengan margarin yang cenderung lebih stabil dalam suhu ruangan karena memiliki kandungan air sebesar 16 persen saja.

Nah sekarang kalian sudah tau dong, apa perbedaan mentega dan margarin. Jadi gak akan keliru lagi dan pastinya lebih mengenal fungsinya masing-masing.
SHARE

Author

Terima kasih sudah berkunjung ke blog TanyaKenapa. Semoga apa yang sudah Admin share di sini, bisa memberikan manfaat untuk kita semua, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan lebih baik lagi. Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar yang baik tanpa menitipkan link!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a comment