BLANTERVIO103

Apa Sih Perbedaan Aligator dan Buaya? Simak Penjelasannya di Sini!

Apa Sih Perbedaan Aligator dan Buaya? Simak Penjelasannya di Sini!
Wednesday, 24 February 2021

Perbedaan Aligator dan Buaya
Image : SS YouTube X Science

Kalian pasti sering lihat dong, hewan bergigi tajam ini, baik melalui televisi maupun melihat secara langsung. Buaya (crocodile), merupakan salah satu hewan pemangsa daging di darat dan air. Namun, tahukah kalian, perbedaan aligator dan buaya apa saja? 

Mungkin sebagian besar dari kalian menganggap bahwa keduanya adalah sama, akan tetapi ada beberapa perbedaan yang menjadi ciri khasnya tersendiri loh.

Bahkan tidak sedikit masih ada yang menganggap kalau aligator hanyalah nama lain dari buaya. Padahal sebenarnya berbeda. Meski kedua hewan ini sangat mirip, akan tetapi kalau diperhatikan secara seksama, keduanya ternyata punya beberapa perbedaan, baik dari segi perilaku maupun bentuk fisiknya.

Perbedaan Aligator dan Buaya
Image : bacaterus.com

Mari kita simak yuk, apa saja perbedaan antara buaya dengan aligator seperti dikutip dari idntimes.com.

1. Bentuk susunan gigi yang berbeda

Coba kalian perhatikan deh, perbedaan ada pada bentuk giginya, apalagi saat mulut mereka sedang tertutup. Kalau aligator tidak ada satupun giginya yang akan terlihat saat mereka menutup mulut. Sementara pada buaya, saat sedang menutup mulut, maka bagian bawah giginya (biasanya berjumlah empat) akan kelihatan saat buaya sedang menutup mulutnya.

2. Ukuran tubuhnya juga berbeda

Selain pada gigi, perbedaan lainnya terlihat pada ukuran tubuhnya. Untuk aligator dewasa, ukuran tubuhnya hanya bisa mencapai empat meter saja. Sedangkan ukuran tubuh buaya bisa lebih dari lima meter loh. Wow besarnya ya si buaya ini.

3. Bentuk moncongnya

Perbedaan aligator dan buaya berikutnya terletak pada bentuk moncongnya. Kalau kalian perhatikan dengan seksama, bentuk moncong keduanya ada sedikit perbedaan loh. Bentuk moncong buaya menyerupai seperti huruf V dan lebih sempit kalau dibandingkan dengan aligator yang berbentuk seperti huruf U dan lebih luas.

4. Warnanya tidak sama

Warna kulit keduanya juga berbeda loh. Kalau buaya biasanya berwarna kulit cokelat pucat yang agak terang atau mirip warna buah zaitun. Sedangkan aligator biasanya kulitnya berwarna abu-abu yang cenderung kehitaman, dan biasanya tergantung dari habitat aligator itu sendiri.

5. Gerakan aligator cenderung lebih cepat

Meski keduanya bisa bergerak dengan cepat saat  berlari di darat, akan tetapi ada perbedaan antara keduanya. Aligator mampu bergerak dengan kecepatan maksimum 18 km/jam. Sedangkan buaya hanya mampu mencapai 14 km/jam. 

Tidak hanya unggul di darat saja, aligator juga lebih unggul dalam hal berenang di air dengan kecepatan mencapai 32 km/jam. Sedangkan buaya hanya mampu berenang dengan kecepatan mencapai 15 km/jam saja.

6. Buaya cenderung lebih agresif

Buaya punya sifat yang jauh lebih tempramental kalau dibandingkan dengan aligator. Buaya juga punya sikap sering menyerang manusia, meski tidak diganggu atau terpancing. Berbeda dengan aligator yang biasanya akan masuk kembali ke air saat melihat manusia muncul.

Ada beberapa penyebab seekor aligator akan menyerang manusia, seperti merasa terancam, terganggu, terpancing dan biasanya juga tergantung dari usia si aligator tersebut. Kalau manusia sering memberi makan seekor aligator, biasanya akan kehilang rasa takut terhadap manusia. Bahkan parahnya lagi bisa membuat aligator menganggap kalau manusia itu sebagai mangsanya (sumber makanan).

7. Buaya mampu bertahan hidup di air asin

Buaya punya kemampuan untuk membuang garam dari dalam tubuh, karena dilengkapi dengan kelenjar khusus. Sehingga buaya mampu bertahan hidup berhari-hari hingga berminggu-minggu di laut. Meski aligator juga punya kelenjar khusus yang sama, akan tetapi tidak sebaik buaya.

Aligator biasanya hidup di air tawar atau terkadang di air payau. Makanya tidak heran kalau di seluruh Pulau Karibia banyak buaya yang hidup, sementara aligator tidak.

Nah demikian perbedaan yang bisa kalian ketahui antara aligator dan buaya. Mudah-mudahan dengan artikel ini bisa menambah wawasan dan tidak keliru lagi ya, yang mana buaya dan yang mana aligator.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 31 comments:

  1. Kupikir kalau dari namanya gitu, terkesan lebih serem Alligator. Ternyata secara ukuran dan agresivitasnya, malah crocodile juaranya ya.. hehe. Jadi nambah pengetahuan nih.

    ReplyDelete
  2. Ini serupa tapi tak sama ya, Mas. Sama banyak orang masih mengira kodok dan katak sama, penyu dan kura-kura. Keren ini infonya, Mas. Jadi saya semakin jelas tahu perbedaan aligator dan buaya. Tapi.. kan ada Mas, Buaya darat. Kalau aligator darat ada ga, Mas? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disebut buaya darat, soalnya buaya lebih agresif, sementara aligator nggak. Makanya nggak disebut aligator darat, hehehe

      Delete
  3. ternyata buaya sama aligator beda ya mas, selama ini aq kira sama aja. kalo diperhatikan dari gambar emang aligator lebih kecil dari pada buaya, ilmu baru lagi nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes berbeda pisan. Makasih sudah berkunjung kak Fionaz

      Delete
  4. jangan sampai salah nih, harus tahu perbedaan keduanya karena lumayan banyak sih. jangan sampai salah membedakan, bisa bahaya ntar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah ketemu salah satunya, kita nggak bakalan sempat lagi ngebedainnya, yang ada kita malah keburu lari duluan, hahahaha

      Delete
  5. Selama ini tahu sih kalo keduanya berbeda. Hanya saja, enggak begitu memperhatikan perbedaannya di bagian mana saja. Mungkin karena jarang bahkan tidak pernah menjumpai kedua hewan tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di darat bukannya banyak buaya juga ya Mba Wiwin?? Wkwkwkwkk

      Delete
  6. Saya baru tahu kalau buaya dan aligator itu berbeda, Kak. Kalau yang ada di banyak sungai di Indonesia itu buaya ya berarti? Soalnya sering dengar kasus buaya memangsa manusia sedangkan aligator takut sama manusia ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih buaya yang kebanyakan penghuni sungai. Mungkin orang-orang hanya menyebut buaya, meski mungkin saja sebenarnya itu bukan buaya, atau buaya jenis lainnya.

      Delete
  7. Baru tau gw ternyata ada bedanya ya antara buaya dan aligator. Intinya sama-sama bahaya sih kalo dideketin. Bisa dimangsa loh. Tapi kalo di Indonesia, populasi banyak yg mana ya antara buaya dan aligator?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Indonesia paling banyak buaya Mas, bahkan di darat aja banyak banget

      Delete
  8. Dari dulu saya menganggap buaya dan aligator binatang yg sama., hanya masalah penamaan atau sebutan yg berbeda utk daerah tertentu. Tapi ternyata beda ya, yg paling menonjol perbedaanya pada bentuk moncong dan nampak atai tidaknya gigi saat mukut tertutup

    ReplyDelete
  9. ooh buaya yang dimaksud ini crocodile ya
    dulu aku juga bingung kenapa orang2 membedakan crocodile dan aligator, tapi artinya disamakan: buaya
    ternyata beda loh
    makasih udah sharing ya, aku sekarang jadi tahu

    ReplyDelete
  10. Ohhh jadi mereka beda yaa, saya kirain sama loh. Hahaha sama saat saya baru pertama tau bedanya penyu dan kura-kura.

    ReplyDelete
  11. Waah ternyata buaya dan aligator beda ya. Dan ternyata perbedannya banyak. Kalau lihat sekilas pasti ngiranya sama. Aku aja baru tau bedanya pas baca artikel ini. Buaya juga lebih panjang ya bentuknya ternyata.

    ReplyDelete
  12. wah baru tau saya perbedaan buaya dan aligator tapi negara Indonesia kebanyakan yg saya liat itu buaya sih benar gak? soalnya aligator dari negara amerika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di Indonesia lebih banyak buaya Mas, apalagi di daratan, tambah banyak buayanya

      Delete
  13. Aku jadi ingat ada salah satu film judulnya ALigator. Dan itu memangsa manusiaaaaa di atas kapal. Hiks.. Menegangkan. Iya benar memang ada perbedaan antara aligator dan buaya ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang betul Kak, makanya saya bagikan di sini, hehehehehehe

      Delete
  14. Selain itu mas, banyak yang bilang bila biaya itu lebih ganas karena menyerang manusia dibanding aligator. Biasanya aligator lebih suka makan ikan.. beda dengan buaya yang lebih suka memangsa apapun yang ia temui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, buaya memang lebih ganas, memangsa apa saja, termasuk ciwik-ciwik di daratan, hahahaha

      Delete
  15. Wah, ilmu baru di dunia perhewanan nih mas. Ini kalau anak saya baca pasti dia suka banget. Hihi
    Biasanya kami suka nonton acara mbolang di TV. Nah di situ juga banyak kan berbicara soal alam, binatang dan sejenisnya. Aku suka nanya Mbah Google kalau nggak paham. Wkwkwk
    Ini informatif sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya sudah berkunjung dan semoga bermanfaat Kak Malica

      Delete
  16. Aku kira selama ini aligator ya buaya kak hehehe
    Ilmu baru nih untuk saya. Eh berarti buaya air asin itu ya yg ari tawar ya kak?

    ReplyDelete
7621011459891230203