BLANTERVIO103

Kenapa Disebut Kunci Inggris? Ini Nama yang Sebenarnya!

Kenapa Disebut Kunci Inggris? Ini Nama yang Sebenarnya!
Sunday, 4 April 2021

Kenapa Alat Ini Disebut Kunci Inggris

Siapa di sini yang sering menggunakan sebuah alat/kunci untuk melepas atau memasang mur/baut? Sudah pada tahu belum, kenapa disebut kunci inggris? Apakah ada hubungannya dengan negara Inggris? Nah kebetulan sekali kalian berkunjung ke halaman ini, karena Blog TanyaKenapa ingin memberikan sedikit penjelasan asal muasal penamaan kunci inggris beserta sejarah singkatnya. 

Kunci inggris ini berfungsi sebagai alat atau bisa disebut kunci (walau bentuknya tidak mirip kunci pada umumnya) yang biasa digunakan untuk melepas atau memasang sebuah mur atau baut. Alat ini juga bisa disetel menyempit atau melebar sesuai dengan kebutuhan atau ukuran dari mur/baut.

Kunci inggris merupakan sebuah kunci atau alat perkakas yang biasa digunakan secara umum. Alat ini mampu bekerja secara fleksibel untuk melepas atau memasang, sesuai dengan ukuran baut/mur, sehingga dinilai sangat praktis, karena kita tidak perlu membawa alat perkakas yang banyak.

Alat ini terdiri dari rahang diam, rahang geser ulir penyetel dan sebuah lengan (pegangan). Jika ulir penyetel diputar, maka rahang geser akan bergerak menyempit atau melebar.

Tahukah kalian, jika nama alat ini sebenarnya adalah adjustable spanner atau biasa juga disebut english key di beberapa negara di Eropa, seperti Jerman, Spanyol, Prancis, Portugal, Belanda dan Italia. Kenapa juga disebut kunci inggris? Alasannya cukup sederhana, karena alat ini ditemukan oleh seorang insinyur asal Inggris bernama Richard Clyburn di tahun 1842.

Perlu kalian ketahui, kunci inggris yang biasa kita gunakan saat ini merupakan hasil penyempurnaan dari english key yang dibuat oleh Richard Clyburn. Adapun yang melakukan penyempurnaan adalah Johan Petter Johansson yang berkebangsaan Swedia. Makanya tidak heran jika di beberapa negara di bagian Eropa lainnya, seperti Polandia, Israel dan Denmark, kunci tersebut dikenal dengan nama "Swedish Key".

Nah kalian sudah tahu kan, mengapa disebut kunci inggris, karena memang pembuatnya berkebangsaan Inggris yang mana seiring perkembangan waktu, alat tersebut terus mengalami penyempurnaan.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

7621011459891230203